Nota Kredit
- Apa itu nota kredit?
- Contoh nota kredit
- Kapan menerbitkan nota kredit
- Bagaimana cara membuat nota kredit
- Apakah nota kredit mengurangi jumlah PPN yang sudah dibayar penjual?
Apa itu nota kredit?
Nota kredit adalah invoice minus yang mengurangi jumlah total yang harus dibayar. Ini juga bisa disebut sebagai invoice negatif. Nota kredit memberi tahu klien atau pembeli bahwa mereka tidak lagi harus membayar jumlah total yang jatuh tempo. Dalam situasi di mana jumlah total yang harus dibayar sama dengan jumlah pada nota kredit, itu akan membatalkan seluruh tagihan. Bisa juga kurang dari jumlah total invoice yang harus dibayar.
Saat menulis atau membuat nota kredit untuk klien Anda, ada beberapa detail penting yang harus disertakan. Rincian ini adalah jumlah produk, jenis produk, dan jumlah yang dikurangi dari harga yang disepakati. Catatan kredit pada dasarnya merujuk pada invoice yang dikirim sebelumnya. Ini adalah dokumen yang biasanya mudah dibuat. Terkadang, disebutkan alasan pengurangan jumlah terutang/dibayar.
Catatan kredit adalah cara yang bagus untuk menangani kesalahan yang dibuat dalam pembuatan invoice. Mereka juga dapat membantu memperbaiki hubungan antara penjual dan pembeli dalam situasi di mana barang rusak dikirim atau terjadi kesalahan harga.
Contoh nota kredit
Kapan menerbitkan nota kredit
Nota kredit diterbitkan saat invoice sudah dikirim, tetapi karena alasan tertentu produk atau layanan yang dikirimkan tidak lengkap atau rusak. Karena kerusakan atau pengiriman yang tidak lengkap ini, penjual memutuskan dan setuju untuk mengurangi harga sebagian.
Jika invoice sudah dibayar, jumlah yang dikurangi dari total harus dikembalikan ke pelanggan secara tunai, transfer bank kawat, atau metode pembayaran lainnya. Perlu diketahui bahwa nota kredit hanya dapat dikirim oleh penjual ke pembeli, bukan sebaliknya.
Nota kredit juga dapat dikeluarkan dan diberikan jika Anda menagih berlebihan kepada pelanggan tanpa sepengetahuan Anda atau jika Anda mengirimkan invoice yang salah. Jika klien Anda tidak puas dengan layanan atau produk yang dikirimkan, nota kredit juga dapat digunakan untuk menawarkan pengembalian dana penuh atau sebagian.
Situasi lain saat nota kredit dapat diterbitkan adalah saat Anda mengirimkan invoice sebelum menyetujui untuk menerapkan diskon. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan nota kredit sebesar jumlah diskon yang disepakati.
Jika pelanggan secara tidak sengaja membayar lebih kepada Anda, nota kredit juga dapat menjadi sarana untuk menangani kelebihan uang tersebut. Dalam situasi ini, itu bukan pengurangan jumlah yang harus dibayar. Uang tunai ekstra ini kemudian dapat digunakan untuk pembelian berikutnya atau ditransfer kembali. Sebaiknya catat kelebihan pembayaran saat melakukan pembukuan Anda.
Bagaimana cara membuat nota kredit
Metode 1: Gunakan Invoice software Indonesia sederhana kami
- Cobalah Gratis
- Saat Anda menambahkan invoice, setel jenis invoice ke "Catatan kredit"
- Anda dapat menyalin dan mengonversi invoice menjadi nota kredit hanya dengan beberapa kali klik
-
Metode 2: Unduh template nota kredit gratis:
Apakah nota kredit mengurangi jumlah PPN yang sudah dibayar penjual?
Ya, benar. Namun, seorang akuntan harus menyatakannya dan penjual harus membayar lebih sedikit PPN bulan depan. Nota kredit dicatat dalam catatan akuntansi Anda untuk menunjukkan bahwa jumlah yang disebutkan telah dikembalikan kepada pelanggan.
Kami menyarankan Anda untuk membuat dan mengirim nota kredit profesional dengan menggunakan Invoice software Indonesia kami. Ini menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda. Kirim nota kredit Anda dengan cepat dan lancar menggunakan layanan kami!
Sampel Contoh Email untuk Nota Kredit
Halo {Nama pelanggan},
Jumlah {AAA} telah disesuaikan dengan invoice # {YYY}.
Silakan lihat nota kredit terlampir dan beri tahu kami jika Anda memiliki pertanyaan atau permintaan tertentu.
Selanjutnya, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami berharap dapat bekerja sama lebih lanjut.
Hormat kami,
{Nama Anda}
{Jabatan Anda di perusahaan}
{Nama perusahaan Anda}
{Detail kontak Anda}
Jenis invoice lain:
- Invoice proforma: permintaan sederhana untuk pembayaran
- Invoice berulang: invoice otomatis pelanggan yang berlangganan